Inidia Penyebab Munculnya Komedo di Bagian Hidung

Inidia Penyebab Munculnya Komedo di Bagian Hidung

 

Komedo memang menjadi salah satu masalah pada kulit yang sering dialami oleh sebagian besar orang. Biasanya letak munculnya komedo ini dibagian wajah, namun lebih spesifik dan lebih sering komedo muncul ini dibagian hidung. Untuk menghilangkan komedo memang banyak sekali caranya, mulai dari menggunakan produk penghilang komedo sampai bahan alami. Tapi bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati? Maka dari itu, sebaiknya kita mengetahui penyebab munculnya komedo dan mencegahnya munculnya komedo diwajah.

 

Berikut ini beberapa penyebab munculnya komedo :

  • Mengkonsumsi Makanan yang Berminyak

Jenis makanan berminyak seperti makanan manis, gorengan dan makanan lainnya yang mengandung banyak karbohidrat, merupakan makanan yang dapat memicu munculnya komedo di kulit wajah. Kamu bisa mencegahnya dengan memperbaiki pola makan seperti lebih banyak mengkonsumsi sayur dan buah yang mengandung banyak serat, vitamin dan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan kulit terutama kulit wajah.

  • Kondisi Kulit Wajah yang Kotor

Sering menggunakan make up dan lupa untuk membersihkannya akan membuat wajah menjadi kotor. Make up yang tidak dibersihkan ini akan menyebabkan penyumbatan pada pori-pori kulit wajah, dan kondisi ini akan menyebabkan munculnya komedo dan jerawat.

  • Kebiasaan Mengkonsumsi Minuman Beralkohol dan Kafein

Kafein sendiri merupakan salah satu zat yang bisa menyebabkan kerusakan pada kulit jika dikonsumsi secara terus menerus dan berlebihan. Hal ini dikarenakan minuman berkafein bisa memicu atau merangsang kelenjar minyak pada kulit yang akan memproduksi minyak lebih dari biasanya.

Sedangkan alkohol merupakan minuman yang akan mengganggu pola tidur kamu, sehingga membuat istirahan menjadi teratur  dan berantakan. Berkurangnya istirahat inipun akan mempengaruhi wajah dan memicu munculnya berbagai masalah termasuk komedo.

  • Kebiasaan Merokok

Merokok selain buruk bagi kesehatan tubuh, ternyata memiliki dampak negatif terhadap kesehatan kulit wajah juga. Zat kimia yang terdapat didalam rokok yang akan menyebabkan berbagai masalah pada kulit wajah seperti komedo.

  • Kurang Mengkonsumsi Air Mineral atau Air Putih

Mengkonsumsi air putih memang sangat baik untuk kesehatan, terutama untuk kesehatan kulit. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan minimal meminum air putih 8 gelas dalam sehari.

  • Kondisi Lingkungan Sekitar

Kondisi lingkungan yang dipenuhi oleh polusi, asap, debu, dan lain sebagainya bisa memicu wajah menjadi terlihat kusam. Pori-pori wajah pun akan tersumbat oleh polusi, debu, dan asap ini yang akhirnya memicu munculnya komedo dan jerawat. Untuk menghindari terjadinya hal ini, kamu harus rajin membersihkan kulit terutama sebelum tidur.

  • Kebiasaan Menyentuh Wajah

Kebiasaan menyentuh kulit wajah merupakan kebiasaan yang harus dihindari, karena tangan merupakan anggota tubuh yang banyak terkena kuman dan bakteri. Sehingga tanpa disadari saat menyentuh wajah dengan menggunakan tangan bisa membuat bakteri dan kuman berpindah kewajah. Menempelnya bakteri dan kuman ke wajah ini akan menyebabkan munculnya komedo.

Komedo yang tidak diatasi dengan baik dengan menggunakan cream penghilang komedo bisa menyebabkan masalah lain seperti noda hitam dan jerawat. Oleh sebab itu, atasi komedo dengan baik mulai saat ini ya.

 

Penyebab Munculnya Komedo? Berikut Ulasannya

Penyebab Munculnya Komedo? Berikut Ulasannya

 

Komedo merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh wanita ataupun pria. Selain bisa mengganggu penampilan, komedo pun akan mengurangi rasa kepercayaan diri seseorang. Munculnya komedo bisa disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat, sehingga memicu komedo muncul kembali. Cara untuk mengatasinya ada beragam, bisa dengan menggunakan cream penghilang komedo, atau bisa juga dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada disekitar.

 

Apa yang dimaksud komedo?

Komedo merupakan kondisi pori-pori yang tersumbat, bisa terbuka dan bisa tertutup. Jerawat jenis komedo ini bisa disebabkan karena sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebih pada kulit.

 

Apa yang Menyebabkan Munculnya Komedo?

Kulit menjadi tempat berkembang biak yang nyata bagi bakteri dan jamur, yang menguntungkan untuk timbulnya jerawat. Sel-sel kulit mati, sebum serta bakteri yang ada pada kulit menjadikan komedo sebagai manifestasi utama dari jerawat.

Penyebab komedo terjadi saat sebum (minyak alami yang dihasilkan oleh kulit) menumpuk di folikel rambut dan bercampur dengan sel-sel mati dari partikel kulit dan debu sehingga membentuk semacam plak yang menutup pori-pori.

 

Penyebab Munculnya Komedo Antara Lain :

  1. Produksi Minyak yang Berlebih

Akibat kulit wajah yang terlalu berminyak bisa memicu munculnya komedo pada hidung dan area wajah lain. Saat wajah terasa lengket akibat dari minyak yang berlebihan, maka kotoran akan dengan mudah menempel. Mengakibatkan wajah menjadi kotor dan pori-pori mudah tersumbat yang akhirnya menyebabkan komedo dan jerawat muncul dengan mudah.

  1. Menggunakan Make Up Berlebihan

Akibat penggunaan make up yang berlebihan pun bisa menyebakan masalah kulit seperti munculnya jerawat dan komedo. Penyebab komedo putih di hidung ini seringkali tidak diperhatikan, padahal menggunakan make up yang berlebihan bisa mengganggu kebebasan kulit untuk bernapas.

Gunakanlah make up yang sewajarnya saja, selain itu make up pun harus dibersihkan dengan benar pada malam hari sebelum tidur. Jangan sampai sisa make up akhirnya malah menyumbat pori-pori kulit dan menjadi penyebab munculnya komedo.

  1. Gaya Hidup yang Tidak Sehat

Gaya hidup yang tidak sehat pun bisa menyebabkan munculnya komedo. Masalah kulit seperti jerawat akan sangat mudah muncul ketika kamu menerapkan pola hidup yang tidak sehat. Gaya hidup yang buruk ini antara lain merokok, meminum alkohol, dan begadang.

  1. Stress

Kamu yang mengalami masalah berat sampai akhinya stres juga dapat mengganggu kesehatan kulit. Stres secara signifikan akan merusak keindahan kulit termasuk menyebakan munculnya komedo putih. Untuk mengurangi tingkat stres, cobalah untuk refreshing dan memperbanyak olahraga.

  1. Makanan

Selain hal di atas, komedo pun bisa disebabkan karena faktor makanan. Makanan yang tidak sehat terutama junk food atau makanan cepat saji dan makanan berlemak akan turut mengganggu kecantikan kulit. Selain menyebabkan komedo, makanan ini pun akan memicu munculnya jerawat hingga jerawat batu.

Itudia beberapa penyebab munculnya komedo yang bisa diatasi dengan cream penghilang komedo diapotik. Semoga bermanfaat.

Menghilangkan Komedo Ampuh dan Alami

Menghilangkan Komedo Ampuh dan Alami

 

Komedo merupakan salah satu jenis jerawat yang ada diwajah, ada 2 macam jenisnya yaitu komedo putih dan komedo hitam. Komedo sendiri disebabkan karena tersumbatnya pori-pori diwajah, komedo pun bisa memicu munculnya jerawat diwajah jika tidak segera diobati. Maka dari itu, banyak orang melakukan banyak cara mulai dari menggunakan produk penghilang komedo seperti cream penghilang komedo atau menggunakan bahan alami.

Cara alami memang baik dilakukan untuk menghilangkan komedo, karena selain tidak menyebabkan efek samping, cara alami pun sangat ampuh dipakai untuk menghilangkan komedo. Oleh sebab itu, yuk langsung lihat saja apa saja bahan alami yang ampuh dipakai untuk menghilangkan komedo diwajah.

 

Putih telur

Putih telur sangat ampuh untuk menghilangkan komedo dan putih telur juga dapat mengencangakan pori-pori di wajah, selain itu putih telur juga bisa mencegah munculnya komedo pada area wajah. Cara menggunakannya pun sangat mudah yaitu dengan menggunakan 1-2 telur, lalu pisahkan antara putih dan kuningnya, ambil putih telur secukupnya lalu oleskan merata pada wajah, tunggu sampai 20 menit atau sampai mengering lalu bilas wajah dengan air bersih, untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan kegiatan ini secara rutin ya.

Baking soda

Selain ampuh digunakan untuk menghilangkan jerawat, baking soda pun bisa digunakan untuk menghilangkan komedo pada wajah,  karena baking soda mengandung eksfolian yang bermanfati untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang ada di wajah yang akan menyebabkan munculnya komedo. Cara penggunaan baking soda sangat mudah yaitu dengan  mencampurkan 1-2 sendok baking soda dengan air hangat, lalu oleskan pada wajah kemudian tunggu sampai 15 menit, lalu bilas wajah dengan air hangat, untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan 2 kali dalam seminggu ya.

Lemon

Lemon memiliki banyak kandungan aktif yang berfungsi untuk merawat kecantikan kulit, selain bisa menghilangkan bekas jerawat lemon pun bisa menghilangkan komedo yang ada di wajah, selain itu lemon pun bisa digunakan untuk mengencangkan pori-pori wajah.

Cara menggunakannya pun sangat mudah yaitu dengan menggunakan 1-2  buah lemon lalu iris, peras buah lemon lalu campurkan dengan beberapa tetes madu, lalu oleskan pada kulit wajah yang berkomedo, diamkan selama 20 menit, lalu bilas wajah dengan air bersih, untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan setiap hari sebelum tidur.

Cuka apel

Cuka apel memiliki kandungan anti bakteri yang bisa menghilangkan bakteri yang menjadi penyebab munculnya komedo, cara penggunaan cuka apel sangatlah mudah yaitu dengan cara menuangkan 1-2 sendok cuka apel kedalam gelas, lalu campurkan dengan air, gunakan kapas lalu oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit, lalu bilas wajah dengan air bersih.

Nah, itudia beberapa cara menghilangkan komedo dengan menggunakan bahan alami. Memang agak sedikit ribet sih tapi tenang saja kalau kamu mau cara yang lebih mudah namun ampuh dan aman, kamu bisa menggunakan Pratista anti komedo cream yang merupakan produk penghilang komedo yang ampuh dan aman untuk menghilangkan komedo diwajah.

Produk ini termasuk produk unggulan loh untuk menghilangkan komedo, karena sudah banyak yang terbukti dengan cream anti komedo pratista. Jangan lupa order sekarang juga ya.

Tips Supaya Cacar Air Tidak Membekas Menjadi Bopeng

Tips Supaya Cacar Air Tidak Membekas Menjadi Bopeng

 

Cacar air merupakan salah satu penyakit menular yang disebabkan karena infeksi virus dari Varicella zoster. Selain akan mengalami demam, gejala khas dari cacar ini biasanya akan timbul gelembung yang berisi cairan diatas permukaan kulit yang menyebar rata bukan hanya diwajah saja, tapi sampai ke tubuh dan kaki.

Seiring berjalannya waktu gelembung ini kemudian akan pecah dan menimbulkan bekas berupa scar atau bopeng atau munculnya warna kulit yang berubah menjadi kehitaman. Biasanya jika bekas cacar sudah muncul kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan cream penghilang bopeng bekas cacar yang mengandung kolagen, atau bisa juga dengan menggunakan tindakan perawatan tertentu mikrodermabrasi, chemical peeling hingga laser. Tapi bagaimanapun lebih baik mencegah daripada mengobati.

Nah, supaya cacar tidak bisa meninggalkan bekas berupa bopeng atau kehitaman, berikut ini cara yang bisa dilakukan :

  • Menjaga Kebersihan Kulit

Meski kamu sedang terkena cacar air, tetaplah mandi dua kali sehari. Hal ini karena daya tahan tubuh yang sedang menurun dan kebersihan kulit dan tubuh yang tidak terjaga dengan baik justru akan memudahkan bagi kuman lain masuk kedalam tubuh dan memicu adanya infeksi tambahan, sehingga membuat rasa gatal akan semakin terasakan.

Gunakanlah air hangat dan sabun mandi yang lembut atau kamu bisa menggunakan sabun mandi bayi. Basuhlah secara perlahan dan hindari menggosok badan setelah mandi, jika sudah selesai keringkan secara perlahan tanpa menggosoknya.

  • Menggunakan Produk Anti Gatal

Keluhan gatal saat sedang cacar bisa dikurangi dengan menggunakan lotion anti gatal yang didalamnya mengandung calamines, anti pruritus (antigatal) atau dengan menggunakan bedak yang mengandung mentol.

  • Mengkonsumsi Obat Antihistamin

Jika menggunakan produk kulit anti gatal tidak membantu mengatasi rasa gatal, penggunaan obat antihistamin dapat membantu kamu mengurangi rasa gatal pada tubuh secara keseluruhan. Namun, kamu membutuhkan pengawasan dari dokter jika menggunakan obat ini ya.

  • Hindari Mengoleskan Bahan Tertentu Pada Kulit Tanpa Pengawasan Dokter

Seringkali saat sedang cacar dan mengatasi rasa gatal dilakukan dengan mengoleskan bahan-bahan tertentu seperti odol, jeruk nipis, pada kulit yang terkena cacar. Alih-alih bisa mempercepat proses penyembuhan, cara ini justru akan menyebabkan munculnya kehitaman pada kulit.

  • Jangan Mengelupas Luka yang Sudah Kering Secara Paksa

Pada hari ke 6 atau 7 luka mengering yang disebut dengan krusta. Pada masa ini hindari untuk mengelupas krusta secara paksa, karena hal ini hanya akan membuat luka cacar air membekas pada kulit.

Bekas cacar air yang menetap dikulit nantinya memang akan menyebabkan penampilan menjadi rusak, apalagi jika bekas yang ditinggalkan berupa bopeng yang harus kamu hilangkan dengan krim penghilang bopeng. Lakukan cara-cara diatas supaya setelah cacar tidak meninggalkan bekas kehitaman apalagi bopeng akibat dari cacar. Tapi jika hal ini sudah terjadi segera lakukan konsultasi dan pengobatan dengan dokter ahli kulit supaya kamu bisa mendapatkan pengobatan yang maksimal ya.

Obat Jerawat yang Kamu Pakai Tidak Ampuh? Ini Penyebabnya

Obat Jerawat yang Kamu Pakai Tidak Ampuh? Ini Penyebabnya

 

Kamu sudah rajin menggunakan obat jerawat, tapi jerawat diwajah belum juga menghilang? Bisa jadi hal ini karena kamu melakukan kesalahan. Jerawat memang bisa dikatakan sebagai musuh nomer 1 apalagi jika jenisnya cystic yang memiliki ciri besar, memerah. Jerawat jenis ini biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menghilangkannya, jerawat jenis inipun tidak disarankan untuk dipencet.

Akan tetapi banyak juga yang sudah menggunakan obat jerawat tapi masih ada saja jerawat yang muncul. Sebenarnya hal ini bukan berarti obat jerawat yang dipakai itu jelek ya, tapi hal ini bisa saja disebabkan karena kesalahan yang kamu lakukan.

 

Berikut ini Beberapa Kemungkinan Kesalahan yang Mnejadi Penyebab Obat Jerawat Tidak Ampuh :

  1. Tidak cocok dengan obat yang mengandung Benzoyl Peroxide atau Salicylic Acid

Hal pertama yang harus diperiksa saat membeli obat jerawat ialah komposisinya, karena bisa jadi obat jerawat yang kaka pakai memang tidak cocok untuk kulit. Telitilah dalam memeriksa kandungan didalamnya, karena jika tidak cocok bukannya membaik malah akan membuat jerawat semakin memburuk dan meradang.

Tapi jangan khawatir karena saat ini ada cara lain yang bisa memberhentikan jerawat seperti centella extract, tea tree oil, dan willowbark extract yang merupakan anti bakteri yang sangat cocok untuk membasmi masalah jerawat.

  1. Menggunakan obat jerawat hanya dibagian jerawatnya saja

Menggunakan obat jerawat disekitar daerah jerawat atau bahkan diseluruh bagian wajah. Kulit disekitar jerawat biasanya berpotensi terkena bakteri dari jerawat yang sudah terbentuk, jadi sebelum jerawat muncul lebih banyak ke permukaan kulit wajah lebih baik kamu mencegahnya dengan mengoleskan obat jerawat ke sekitar daerah jerawat atau bahkan seluruh bagian wajah ya.

  1. Menggunakan obat jerawat disiang hari

Obat jerawat pun tidak disarankan untuk dipakai disiang hari atau pagi hari, hal ini karena obat jerawat memiliki kandungan retinol yang dimana retinol akan berkurang stabilitasnya saat lama terkena sinar matahari, hal ini akhirnya membuat khasiat dari obat jerawat menjadi kurang efektif. Jadi sebaiknya obat jerawat itu dipakai dimalam hari saja ya.

  1. Menggunakan obat jerawat yang mengandung steroid

Nah untuk yang satu ini kamu dituntut untuk lebih berhati-hati dalam memperhatikan komposisi didalam obat jerawat ya. biasanya steroid bisa diidentifikasi dari nama bahan yang memiliki akhiran sone dan lone, seperti hydrocortisone. Meskipun banyak pendapat yang menyatakan dan percaya kalau steroid bisa menyebabkan wajah berjerawat menjadi mulus dalam waktu cepat, tetapi efek ini sebenarnya bersifat sementara saja. Jadi kamu harus menggunakannya secara terus menerus, jika berhenti akan menyebabkan jerawat keluar semakin parah.

Jadi sebelum memilih obat atau skincare untuk jerawat pastikan terlebih dahulu kandungan yang terdapat didalamnya. Jangan lupa gunakan Pratista skincare khusus jerawat karena kamu bisa mendapatkan konsultasi secara gratis untuk masalah wajah yang kamu miliki.

Tips Memilih Sunblock yang Tepat untuk Kulit Berjerawat

Tips Memilih Sunblock yang Tepat untuk Kulit Berjerawat

 

Saat ini pemakaian sunblock atau yang lebih dikenal dengan tabir surya memang sangat penting pemakaiannya baik untuk kaum pria ataupun wanita. Sunblock bukan hanya dipakai untuk badan saja, tetapi sunblock Pratista yang dipakai untuk wajah pun ada, seperti sunblock spray. Namun kali ini kita akan membahas mengenai sunblock khusus untuk kulit wajah berjerawat.

Menurut penelitian baru-baru ini menggunakan sunblock untuk perawatan harian sangatlah penting, karena menggunakan sunblock bukan hanya untuk mencegah terjadinya kanker kulit saja tapi juga bisa mencegah terjadinya proses penuaan pada kulit.

Berikut ini beberapa tips dalam memilih sunblock yang tepat untuk kulit, terutama untuk jenis kulit yang berjerawat :

 

  1. Tingkat Proteksi

Hal pertama yang harus diperhatikan saat ingin memilih sunblock ialah tingkat proteksi untuk kulit. Sebaiknya sebelum memilih sunblock atau tabir surya itu memiliki kandungan SPF 30 bahkan lebih, karena semakin besar kandungan SPF nya kulit akan semakin terjaga dari sinar UVA dan UVB.

  1. Gaya Hidup

Semakin banyaknya produk tentang perawatan kulit biasanya akan membuat kita bingung dalam memilihnya. Cara utama dalam memilih tabir surya ialah nyaman saat dipakai, memiliki hasil yang positif, dan memiliki kemampuan yang fungsional. Tentunya hal ini dianggap benar dalam pemilihan tabir surya, sebagai contoh jika kamu menghabiskan waktu didekat air selama musim panas yang harus dipakai seharusnya ialah tabir surya dengan karakteristik tahan air. Hal ini sangatlah penting saat kamu akan berenang, jika kamu banyak berkeringat, dan jika kulit kamu terkena sinar matahari secara terus menerus.

  1. Tekstur

Tidak ada yang menyukai tabir surya yang meninggalkan noda putih diwajah. Kamu pun harus pandai mencari tabir surya dengan tekstur yang tidak berminyak dan lengket, contohnya sunblock semi matte memiliki tekstur yang ringan dan tidak meninggalkan noda putih diwajah. Kamu bisa mencoba sunblock jenis ini untuk mendapatkan efek yang ringan dan cepat kering.

  1. Kenyamanan

Tabir surya yang baik ialah yang bisa menyerap dengan cepat dan menyatu kedalam kulit, dan dari tabir surya yang dipilih seharusnya membuat yang memakai merasa cocok dan nyaman. Tabir surya yang cocok dan nyaman ialah yang bisa menyerap cepat dan bisa langsung mengering, sedangkan contoh tabir surya yang tidak nyaman ialah yang memberikan sisa minyak diwajah, lengket, berminyak, bahkan menyebabkan pori-pori tersumbat hingga menjadi penyebab munculnya jerawat.

  1. Jika Memiliki Kulit Berminyak atau Berjerawat

Jika kamu memiliki kondisi kulit seperti ini, maka sebaiknya kamu beralih ke tabir surya yang ringan atau bebas gel. Karena tekstur gel cenderung ringan dan bisa bekerja lebih baik untuk jenis kulit yang berminyak. Bahan-bahan yang terkandung didalamnya seperti seperti zinc oksida akan sangat membantu untuk kulit yang berjerawat.

Jadi tidak semua jenis sunblock bisa dipakai untuk jenis kulit berminyak dan berjerwat ya, salah dalam memilih sunblock bisa saja menyebabkan kulit kamu semakin parah. Jerawat akan jadi bertambah banyak jika kamu salah dalam memilih sunblock dan sulit untuk dihilangkan. Oleh sebab itu pastikan kamu memilih sunblock dari Pratista skincare,  karena Pratista memiliki beberapa varian sunblock yang bisa disesuaikan dengan jenis kulit yang kamu miliki.

Miliki kulit yang sehat dan terawat saat ini juga dengan menggunakan sunblock ya.