Kesel Sama Jerawat di Wajah? Para Pria, Mulai Lakukan Hal ini Sekarang

Kesel Sama Jerawat di Wajah? Para Pria, Mulai Lakukan Hal ini Sekarang

 

Jerawat tidak hanya menjadi musuh bagi wanita saja, namun banyak juga pria yang ternyata menganggap jerawat sebagai musuhnya. Adanya jerawat diwajah memang seringkali membuat seseorang menjadi kurang percaya diri, biasanya kebanyakan dari mereka menghindari bertemu dengan orang lain karena merasa minder.

Kebanyakan dari mereka yang mengalami masalah jerawat diwajahnya akan mulai mencari cara menghilangkan jerawat untuk pria. Namun tak jarang dari mereka malahan merasa frustasi diawal sebelum mengatasinya.

Sebaiknya jangan seperti ini ya, karena banyak hal yang bisa dilakukan mulai sekarang ini untuk mencegah permasalahan jerawat dikulit wajah pria. Berikut ini informasinya ya :

 

  1. Menjaga kebersihan rambut

Apa hubungannya menjaga kebersihan rambut dengan mengatasi jerawat diwajah? Tentu ini ada hubungannya, karena ternyata debu dan minyak yang terdapat dirambut bisa mengenai wajah dan leher. Jika wajah sedang dalam keadaan berkeringat, maka kemungkinan besar hal ini akan menjadi pemicu munculnya jerawat.

Maka dari itu, sangat disarankan untuk pria rajin mencuci rambutnya setiap hari, selain itu memiliki rambut pendek pun lebih aman supaya terhindari dari masalah jerawat.

  1. Rajin melakukan olahraga

Melakukan latihan fisik secara rutin bisa mengurangi stress dan aliran darah dan oksigen kedalam kulit. Lancarnya aliran darah dan oksigen ini bisa mencegah munculnya jerawat.

  1. Menggunakan baju yang longgar

Menggunakan baju ketat akan menyebabkan keringat terperangkap didalam kulit, sehingga kulit bisa mengalami iritasi dan pergesekan. Akibatnya kulit akan menjadi rentan terkena masalah jerawat. Oleh karena itu, sebaiknya pakailah baju yang agak longgar untuk mencegah kemunculan jerawat.

  1. Memilih alat cukur elektrik

Alat cukup biasanya bisa menyebabkan lecet, iritasi, dan inflamasi pada kulit. Selain itu, hal ini pun akan menyebabkan jerawat lebih rentan muncul. Sebaiknya kamu memilih alat cukur elektrik yang dianggap lebih aman digunakan untuk mencukur pada pria.

  1. Rajin mencuci wajah

Mencuci wajah minimal 2 kali dalam sehari dengan menggunakan sabun muka untuk menghilangkan jerawat untuk laki-laki. Kegiatan ini memiliki manfaat untuk menghilangkan debu, minyak, kotoran, bakteri, keringat, yang menempel diwajah setelah kamu melakukan aktivitas diluar ruangan seharian. Mencuci wajah dengan rutin dan teratur pun akan membantu menyingkirkan sel kulit mati yang menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat.

Pria Indonesia yang sering terkena sinar matahari, kotoran, minyak, debu, bakteri, dalam keseharian tentunya sangat perlu membersihkan wajah dengan menggunakan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulitnya. Pastikan kamu membersihkan kulit wajah pada pagi dan malam hari, atau bisa ditambah saat kamu melakukan aktivitas yang membuat wajah menjadi kotor.

Nah, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kamu yang kesal dengan adanya jerawat diwajah dan ingin mencegah kedatangannya kembali.

Alasan Kenapa Pria Melakukan Perawatan Wajah

Alasan Kenapa Pria Melakukan Perawatan Wajah

 

Seorang pria memang memiliki jenis kulit yang berbeda dengan jenis kulit wanita. Sehingga tidak jarang pria membutuhkan teknik perawatan yang berbeda dari wanita. Sampai saat ini mungkin masih ada pria yang menganggap bahwa perawatan kulit wajah hanya dilakukan oleh wanita saja. Padahal sebenarnya hal ini tidaklah benar, karena perawatan kulit wajah tidak hanya dilakukan oleh wanita saja, pria pun bisa melakukannya.

Merawat wajah pada pria bisa dimulai dengan rajin mencuci wajah dengan sabun muka untuk menghilangkan jerawat untuk laki-laki, pastikan kamu memilih perawatan yang sesuai dengan jenis kulit supaya hasilnya bisa lebih maksimal.

Adapun alasan kenapa pria harus melakukan perawatan wajah ialah sebagai berikut :

 

  1. Mencegah penuaan dini

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya penuaan dini, namun yang terpenting ialah pola hidup yang sehat. Gaya hidup yang sehat memang akan sangat berpengaruh kepada kulit, penuaan memang menjadi siklus yang tidak bisa dihindari oleh siapapun. Tanda-tandanya pun biasanya terlihat saat memasuki usia 30 tahun, akan tetapi penuaan bisa menjadi masalah ketika seseorang masih berusia muda dan hal ini biasanya disebut dengan penuaan dini.

Tentunya tidak ada yang ingin mengalami penuaan dini. Maka dari itu, rajin merawat kulit wajah dari dalam seperti menjaga pola hidup sehat dan perawatan dari luar seperti menggunakan masker dan beberapa produk skincare. Tidak hanya untuk wanita, namun pria pun bisa melakukannya.

  1. Mengontrol minyak berlebihan

Kulit pria cenderung lebih banyak mengeluarkan minyak dibandingkan wanita, inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa pria pun membutuhkan perawatan seperti layaknya wanita supaya kulitnya tetap sehat. Kulit berminyak bisa menyebabkan beberapa masalah pada kulit, salah satunya adalah jerawat. Kulit berminyak pun membutuhkan perawatan khusus dimulai dari sabun muka untuk pria berjerawat dan berminyak, jika salah memilih bisa menyebabkan kulit semakin berminyak.

  1. Mencegah penyakit kulit

Penyakit atau adanya permasalahan pada kulit biasanya disebabkan karena pola hidup yang kurang bersih. Sehingga menjadikan kulit lebih mudah terserang virus dan bakteri yang bisa menyebabkan berbagai masalah pada kulit.

Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir terjadinya penyakit kulit :

  • Mengganti sarung bantal, guling, sprei, dan perlengkapan mandi secara rutin minimal 1 kali dalam sebulan
  • Mandi minimal 2 kali dalam sehari, jika sedang sakit setidaknya bersihkan tubuh dengan handuk basah
  • Tidak menggunakan barang pribadi bersama-sama
  • Menggunakan perawatan kulit seperti menggunakan sunblock atau tabir surya supaya kulit tidak langsung terkena sinar UVA dan UVB saat berada diluar rumah

Itudia beberapa alasan kenapa pria pun memerlukan perawatan wajah. Karena memang manfaatnya yang sangat banyak untuk kulit.

Cara Jitu Menghilangkan Komedo Putih di Hidung

 

Jerawat whitehead atau yang biasa disebut dengan jerawat putih terbentuk karena adanya pori-pori yang tersumbat minyak, sel kulit mati, bakteri, dan kotoran. Komedo putih yang muncul dihidung ini pun bisa diperparah karena stress, memencetnya, hingga kulit yang kering akibat terlalu banyak menggunakan produk penghilang komedo.

Selain itu, komedo putih pun umumnya terjadi karena masa puber atau pada wanita yang sedang mengalami menstruasi. Lalu bagaimana cara yang ampuh menghilangkan komedo putih?

 

Khusus untuk komedo putih yang masih dalam tahap ringan sebenarnya bisa diatasi dengan cara rumahan seperti terapi uap, masker madu, sampai masker tanah liat. Berikut ini penjelasannya :

  1. Terapi uap

Uap air hangat bisa membantu membuka pori-pori kulit wajah supaya segala kotoran yang menyumbat didalamnya bisa keluar. Caranya pun cukup mudah kamu tinggal merebus air yang mendidih lalu setelahnya tuang kedalam wadah, tundukkan kepala dan dekatkan wajah setidaknya 5-10 cm diatas permukaan wadah tersebut. Tutupi kepala dengan handuk tipis supaya uap air tidak merembes keluar, lakukan penguapan ini 5-10 menit. Kamu bisa melakukannya beberapa kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Madu manuka

Madu manuka memiliki kandungan pH yang rendah dan agen antibakteri yang bisa menghilangkan komedo putih. Selain itu, madu ini pun mengandung asam amino, vitamin, dan mineral yang mampu mengangkat sel kulit mati dan menyeimbangkan pH pada kulit.

Cara penggunaannya pun mudah, kamu cukup menggunakan sedikit madu dan oleskan langsung kepermukaan kulit yang terdapat komedonya, tentunya harus dengan menggunakan tangan yang bersih ya. Lakukan cara ini beberapa kali dalam seminggu supaya mendapat hasil yang maksimal.

  1. Masker tanah liat

Jika kulit wajah kamu rentan mengalami masalah komedo putih, maka kamu bisa mencoba menggunakan masker tanah liat. Masker tanah liat ini akan bekerja melembutkan pori-pori wajah yang tersumbat, membersihkan kulit dari kotoran, minyak, dan sel kulit mati yang menumpuk didalam pori-pori kulit.

Kamu bisa menggunakan masker tanah liat ini setidaknya 2 minggu dalam sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Jika perawatan rumahan belum cukup ampuh untuk mengatasi permasalah komedo putih diwajah, tidak ada salahnya jika kamu menggunakan produk kecantikan seperti cream penghilang komedo. Seperti menggunakan cream anti komedo dari Pratista.

 

Cream anti komedo pratista bermanfaat untuk :

  • Pratista anti komedo cream diformulasikan khusus untuk mengatasi keluhan komedo yang membandel atau bisa juga untuk jenis jerawat kecil yang merata. Cream anti komedo ini pun bisa dipakai untuk mengatasi jerawat untuk jenis kulit sensitif.

 

Tips mencegah munculnya komedo putih dihidung :

  • Mencuci wajah secara teratur 2 kali dalam sehari
  • Membersihkan wajah dengan tissue pembersih setelah berkeringat
  • Melakukan eksfoliasi secara teratur
  • Hindari menggosok bagian hidung terlalu berlebihan
  • Menggunakan make up yang bersifat non comedogenic
  • Hindari menyentuh area kulit wajahsaat sedang beraktivitas

Itudia beberapa cara jitu yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan komedo membandel dihidung. Semoga bermanfaat.

Berkeringat Bisa Membantu Menyingkirkan Komedo? Simak Ulasannya Berikut ini

Berkeringat Bisa Membantu Menyingkirkan Komedo? Simak Ulasannya Berikut ini

 

Mendapatkan wajah yang bersih dan sehat tentu saja harus dengan rutin melakukan perawatan wajah yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit kamu. 2 kondisi yang biasanya dialami oleh kulit remaja ialah jerawat dan komedo. Oleh sebab itu, disamping kamu membersihkan wajah dengan benar kamu juga harus mengetahui cara mengatasi komedo misalnya dengan menggunakan krim penghilang komedo atau produk penghilang komedo lainnya.

Namun, menghilangkan komedo bukan hanya dengan perawatan wajah saja, namun cara menghilangkan komedo pun bisa dilakukan dengan melakukan olahraga yang bisa memicu tubuh mengeluarkan keringat. Kamu mungkin bingung, mending kita cari tahu fakta dan manfaat seputar keringat yang jarang diketahui berikut ini.

 

Secare medis keringat didefinisikan sebagai cairan pada tubuh yang terdiri dari mineral, urea, lactic acid, dan gula. Berkeringat sendiri merupakan bentuk adaptasi terhadap tingginya suhu, saat cuaca panas tubuh akan mengeluarkan keringat supaya suhu tubuh tetap stabil.

 

Manfaat berkeringat untuk kulit :

  1. Membantu menjaga kebersihan pori-pori kulit

Salah satu cara mengatasi komedo ialah dengan menjaga kebersihan pori-pori kulit wajah. Nah, kamu bisa melakukannya dengan banyak berkeringat. Pori-pori sendiri merupakan salah satu jalan keluarnya keringat, saat tubuh berkeringat secara tidak langsung pori-pori akan dibilas secara alami. Artinya semakin sering kamu berkeringat, maka pori-pori kulit wajah kamu akan lebih sering terbilas sehingga kotoran tidak terjebak lama didalamnya dan membuatnya tersumbat.

  1. Mengikis sel kulit mati

Selain menjaga kebersihan pori-pori kulit wajah, berkeringat pun mampu membuang racun yang ada didalam tubuh dan mampu mengikis tumpukan sel kulit mati. Dengan adanya fakta ini, tidak berlebihan rasanya jika berkeringat menjadi salah satu cara menghilangkan komedo dan juga menyehatkan tubuh dan kulit.

Namun perlu diingat, ini hanya berlaku jika tubuh mengeluarkan keringat dalam jumlah yang wajar ya. Karena keringat yang berlebihan justru bisa menyebabkan munculnya biang keringat dan tubuh yang dehidrasi.

  1. Membantu terhindar dari stress

Salah satu tips menjaga kecantikan kulit ialah dengan menjauhi stress, karena stress dipercaya bisa memicu hormon kortisol yang bisa membuat kulit lebih rentan berjerawat. Sebaliknya jika kamu berolahraga bisa memicu hormon endorphin yang berkaitan dengan ketenangan dan perasaan bahagia.

Oleh karena itu, masukkan olahraga kedalam rutinitas harian kamu ya untuk meminimalisir stress atau mood yang jelek. Dengan kamu memiliki mood yang baik, stress pun akan menjauh sehingga kulit bisa menjadi lebih cantik.

Nah, untuk memaksimal kan proses menghilangkan komedo kamu bisa menggunakan cream penghilang komedo pratista. Supaya hasilnya lebih maksimal jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat ya dalam keseharian.

Ingin Menghilangkan Komedo? Coba dengan Bahan-bahan Alami Berikut ini

 

Masalah pada kulit seperti komedo biasanya terjadi karena pori-pori wajah tersumbat oleh sebum yang berlebihan dan sel-sel kulit mati. Biasanya orang akan melakukan banyak cara untuk menghilangkan komedo diwajah mulai dari menggunakan produk penghilang komedo seperti cream, sampai menggunakan scrub pada wajah.

Namun biasanya dalam penggunaan scrub orang-orang cenderung menggosok scrub dengan berlebihan dalam membersihkan kulit dari sel kulit mati, padahal cara ini bukanlah cara yang baik untuk mengatasi komedo karena akan menyebabkan kulit menjadi kering.

Kulit yang kering akan membuat kelenjar minyak terangsang menghasilkan minyak yang berlebihan, lalu minyak berlebih ini akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya komedo, hal ini tentunya akan menjadi siklus yang tidak kunjung usai.

 

Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa kamu pakai untuk menghilangkan komedo :

  1. Tomat

Kaya akan kandungan vitamin A dan C dengan sifat antiseptik alaminya, membuat tomat dipercaya bisa membantu mengeringkan komedo. Keasaman pada tomat bisa membantu mengurangi resiko komedo muncul kembali sementara kandungan astringent akan membantu mengontrol minyak yang berlebihan.

  1. Putih telur

Putih telur bisa mencegah kulit berminyak sambil menjaga kelembaban. Tidak hanya komedo yang bisa menghilang, solusi sederhana ini pun bisa mencegah masalah ini muncul kembali. Cara menggunakannya ialah dengan memakai putih telur dengan madu dan oleskan campuran ini diatas wajah yang berkomedo dan biarkan sampai mongering kemudian bilas dengan air bersih.

  1. Kayu manis dan madu

Madu memang menjadi antiseptik yang akan membantu bakteri pergi, sedangkan bubuk kayu manis akan membantu meningkatkan sirkulasi darah. Kayu manis merupakan rempah antibakteri yang bisa dipakai sebagai masker wajah aromatik.

  1. Madu dan susu

Campuran dari madu dan susu akan bertindak sebagai pelekat alami yang akan menghilangkan komedo sampai keakarnya. Susu dapat menenangkan iritasi pada kulit, mengurangi garis halus, serta menanamkan cahaya alami pada kulit.

Susu memiliki asam laktat yang akan menjadikan kulit kenyal, sedangkan madu memiliki sifat antibakteri. Gunakan campuran susu dan madu dengan perbandingan yang sama, lalu oleskan pada wajah dan biarkan mengering kemudian bilas dengan air bersih.

  1. Kunyit dan mint

Merupakan bahan alami yang bisa melakukan ekfolliation dengan baik, kunyit sendiri bisa menghilangkan bekas luka dan mengurangi sekresi minyak pada kulit sedangkan daun mint akan membantu melembutkan kulit dan mengeringkan.

Caranya ialah dengan menggunakan kunyit bubuk satu sendok teh dan campuran beberapa daun mint. Oleskan pada area wajah yang berkomedo, biarkan mengering secara alami dan bilas dengan air hangat.

Itudia beberapa bahan alami yang bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan komedo. Selain dengan menggunakan bahan alami, kamu juga bisa memanfaatkan krim penghilang komedo pratista untuk menghilangkannya.

Cara Menghilangkan Komedo dengan Mudah

Cara Menghilangkan Komedo dengan Mudah

 

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit mulus dan terbebas dari msalah komedo? Namun mungkin sudah berapa kali mencoba perawatan wajah dengan produk penghilang komedo atau dengan treatment kecantikan lainnya, namun belum juga hilang.

Komedo sendiri merupakan perpaduan antara minyak, sel kulit mati, dan bakteri yang bersarang dipori-pori kulit. Karena kulit wajah sering terkena sinar matahari atau sering beraktivitas diluar ruangan, lama-kelamaan akan menjadi hitam.

Kalau sudah begini apa yang harus dilakukan? Jangan keliru dengan perawatan yang kamu lakukan untuk menghilangkan komedo, cobalah intip beberapa tips dibawah ini untuk mengetahui cara menghilangkan komedo yang ampuh dan tidak sulit dilakukan.

 

  1. Membersihkan kulit wajah secara menyeluruh dan melakukan

Untuk kamu yang memiliki kulit wajah rentan berkomedo, membersihkan wajah secara rutin sudah menjadi suatu hal yang wajib dilakukan. Jika membersihkan wajah sudah kamu lakukan secara rutin, maka kamu bisa melakukan eksfoliasi yang juga penting untuk dilakukan supaya memastikan kalau pori-pori sudah benar-benar bersih, tidak ada sel kulit mati yang menumpuk.

Rutin melakukan eksfoliasi bukan berarti harus dilakukan setiap hari ya, pastikan kamu tidak melakukannya secara berlebihan cukup lakukan 1-2 kali saja dalam seminggu.

  1. Membantu pori-pori dengan menggunakan toner

Biasanya pori-pori wajah akan menjadi lebih besar saat kulit semakin berminyak atau lengket. Setelah membersihkan wajah dan melakukan eksfoliasi, toner pun memiliki peran yang penting untuk mengembalikan kelembaban kulit, menjaga pH, dan menenangkan pori-pori kulit.

  1. Di dukung dengan perawatan berbahan dasar alami

Perawatan untuk menghilangkan komedo memang tidak perlu mahal seperti menggunakan peralatan canggih. Kamu bisa mulai memanfaatkan bahan-bahan alami seperti baking soda dalam bentuk bubuk. Mengapa baking soda? Karena baking soda memiliki kandungan pH yang setara dengan kulit wajah, sehingga bisa membantu meminimalisir produksi minyak berlebih yang menyebabkan munculnya komedo. Baking soda pun terbuat dari bahan alami tanpa bahan kimia, sehingga aman dipakai untuk wajah.

  1. Selalu menggunakan pelembab untuk melindungi kulit wajah

Beberapa cara diatas jika sudah dilakukan secara rutin bisa saja meninggalkan bekas kering pada wajah. Supaya kulit tidak kering, pastikan kamu menjaga kelembaban kulit wajah dengan baik. Pilihlah pelembab yang sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhan kulit kamu ya. Jika kamu memiliki jenis kulit berminyak, maka pilihlah pelembab yang dikhususkan untuk kulit berminyak.

 

Selain itu, jika kamu ingin menghilangkan komedo dengan mudah kamu bisa menggunakan krim penghilang komedo dari Pratista, yang sudah terbukti ampuh dan aman mengatasi keluhan komedo membandel diwajah.

Jika komedo sudah diatasi jangan lupa untuk selalu menjaga wajah supaya tetap bersih denganĀ  cara mencuci wajah minimal 2 kali dalam sehari.