Penyebab dan Cara Menghilangkan Komedo di Wajah

Penyebab dan Cara Menghilangkan Komedo di Wajah

 

Apakah diwajah kamu ada masalah komedo? Biasanya komedo memang muncul dibagian hidung. Tidak heran jika ada banyak produk penghilang komedo yang khusus untuk menghilangkan komedo hidung. Namun, meskipun komedo serin muncul dibagian hidung, ternyata komedo bisa muncul dibagian wajah mana saja.

 

Sebenarnya dari Mana Munculnya Komedo Itu?

Komedo biasanya muncul di wajah dengan ciri bintik kecil berwarna gelap. Mungkin akan terlihat seperti jerawat, tetapi komedo lebih ringan dari jerawat dan berwarna gelap. Warna gelap ini terbentuk karena pigmen melanin yang dihasilkan sel kulit yang sudah terkena paparan udara atau sinar matahari sehingga mengalami proses oksidasi.

Komedo biasanya paling sering muncul di hidung, dagu, sekitar bibir, dan sekitar telinga. Selain diarea wajah, komedo juga bisa muncul di punggung, leher, lengan, bahu, bahkan didada. Hal ini dikarenakan ada banyak folikel rambut didaerah tersebut. Rambut tumbuh dari folikel rambut yang terletak dipori-pori. Nah, ada kelenjar khusus yang menghasilkan sebum atau minyak alami kulit dibawahnya.

Saat pori-pori ini tersumbat oleh sebum dan sel-sel kulit mati, sel kulit mati yang berada dipori-pori dapat bereaksi dengan oksigen dan berubah warna menjadi hitam. Namun, jika kulit disekitar pori-pori yang tersumbat ini menutup, sel kulit mati tidak bereaksi dengan oksigen dan akan jadi berwarna putih. Keduanya sama-sama disebut dengan komedo.

Hal apa yang menjadi penyebab munculnya komedo?

Penyebab umum komedo ialah kotoran yang menyumbat dipori-pori kulit wajah, hal ini mungkin akan terjadi jika kamu merupakan orang yang jarang membersihkan wajah, terutama setelah menggunakan make up. Sebenarnya ada 2 faktor yang bisa meningkatkan munculnya komedo diwajah, yaitu usia dan perubahan hormon.

Beberapa faktor lain yang menyebabkan munculnya komedo ialah :

  • Penggunaan kosmetik yang menutup pori-pori kulit
  • Banyak mengeluarkan keringat
  • Bercukur yang menyebabkan folikel rambut terbuka
  • Stress atau kondisi lainnya yang berhubungan dengan perubahan hormon
  • Penggunaan obat steroid

 

 

Bagaimana cara menghilangkan komedo?

Membersihkan wajah dengan rutin dan teratur merupakan salah satu cara untuk mencegah kemunculan komedo. Sebenarnya kamu bisa mengatasi komedo dengan cara memencetnya keluar, namun cara ini bisa memperparah kondisi komedo diwajah. Cara lain yang bisa dilakukan seperti menggunakan krim penghilang komedo, melakukan facial, atau dengan menggunakan strip pori.

Bagaimana jika komedo dibiarkan?

Komedo yang dibiarkan bisa saja akan berkemban menjadi jerawat yang parah. Penyumbatan dipori-pori akan membuat minyak terus menumpuk dibawah permukaan kulit, ditambah dengan kondisi wajah yang kotor, berminyak, dan kebiasaan menyentuh wajah.

Hal ini kemudian akan menyebabkan pori-pori tersumbat menyebabkan iritasi dan membesar. Lama-kelamaan akan membesar, sel darah putih masuk, pori-pori membengkak dan memerah, yang akhirnya muncul jerawat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *