Fakta Seputar Komedo yang Muncul di Wajah

Fakta Seputar Komedo yang Muncul di Wajah

 

Apa yang kamu pikirkan jika mendengar kata komedo? Pasti suatu hal yang menjengkelkan, mengganggu, dan membuat kulit terasa kasar. Komedo memang menjadi salah satu masalah pada kulit yang sering dialami oleh pria atau wanita, komedo memang memiliki bentuk yang tidak terlihat dari kejauhan. Komedo memang akan membuat kulit terasa kasar dan jika diatasi dengan asal-asalan akan menyebabkan komedo menjadi meradang dan bisa menyebabkan munculnya jerawat.

Umumnya komedo muncul karena pori-pori kulit yang terbuka, sehingga membuat bakteri, kuman, radikal bebas, bisa dengan mudah masuk kedalam kulit dan membuatnya tersumbat. Selain itu komedo juga lebih suka muncul pada daerah T wajah seperti hidung, dagu dan dahi. Cara menghilangkan komedo memang banyak, bisa dimulai dengan menggunakan produk penghilang komedo seperti cream penghilang komedo. Namun sebelum itu, ada baiknya kamu juga mencari tahu fakta menarik seputar komedo supaya lebih tepat dalam melakukan perawatannya. Berikut ini ulasannya :

 

  1. Komedo Memiliki dua Warna

Orang cenderung mendeskripsikan komedo berwarna hitam, namun kenyataannya komedo juga ada yang berwarna putih. Komedo terdiri dari dua jenis warna yaitu whitehead dan juga blackhead. Komedo whitehead cenderung lebih sulit untuk dihilangkan, karena memiliki tekstur yang lebih padat, dasar berwarna merah, dan atas berwarna putih seperti nasi. Sedangkan komedo blackhead cenderung memiliki rambut halus dan hanya seperti bintik hitam kecil saja.

  1. Komedo Merupakan Salah Satu Jenis dari Jerawat

Komedo merupakan jerawat ringan yang bisa menyerang semua jenis kulit, apalagi pada wanita. Hal ini karena wanita tidak bisa lepas dari yang namanya make up, ditambah lagi jika menghilangkan komedo dengan tidak tepat dan bersih malah akan menyebabkan jerawat bertambah besar. Hal ini disebabkan karena adanya pembengkakan, iritasi, dan tersumbatnya pori-pori dari sisa komedo yang tidak terangkat.

  1. Jenis Kulit Berminyak Lebih Rawan Terkena Komedo

Memang hampir semua jenis kulit bisa mengalami komedo, akan tetapi jenis kulit berminyak lebih rentan dan mudah terkena komedo. Sebum yang merupakan hasil produksi minyak didalam kulit yang juga berfungsi menjaga kelembaban alami pada kulit, namun jika kulit kamu termasuk jenis kulit berminyak, bersiaplah memiliki komedo lebih baik dibandingkan jenis kulit lainnya.

  1. Komedo Mudah Kembali ke Wajah

Komedo yang kecil dan tidak bisa terlihat dari kejauhan, tidak ada efek rasa sakit, dan tidak ada efek dramatis jika tidak dihilangkan. Tapi jangan senang dulu ya, karena komedo bisa dengan mudah kembali walaupun sudah dibersihkan sampai ke akarnya.

  1. Paparan Sinar Matahari Akan Memperbanyak Komedo

Seperti masalah pada kulit wajah lainnya, terkena paparan sinar matahari secara langsung pada kulit akan membuat komedo semakin banyak pertumbuhannya. Jadi sebaiknya selalu lindungi kulit wajah supaya tidak terkena bahaya dari sinar matahari dan sinar UV.

Nah, itudia beberapa fakta menarik yang bisa dijadikan salah satu pertimbangan sebelum memilih produk penghilang komedo supaya tidak salah saat memilih. Pilihlah produk perawatan yang sesuai dengan jenis kulit, jika perlu lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit supaya mendapat produk yang sesuai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *