Tips Supaya Cacar Air Tidak Membekas Menjadi Bopeng

Tips Supaya Cacar Air Tidak Membekas Menjadi Bopeng

 

Cacar air merupakan salah satu penyakit menular yang disebabkan karena infeksi virus dari Varicella zoster. Selain akan mengalami demam, gejala khas dari cacar ini biasanya akan timbul gelembung yang berisi cairan diatas permukaan kulit yang menyebar rata bukan hanya diwajah saja, tapi sampai ke tubuh dan kaki.

Seiring berjalannya waktu gelembung ini kemudian akan pecah dan menimbulkan bekas berupa scar atau bopeng atau munculnya warna kulit yang berubah menjadi kehitaman. Biasanya jika bekas cacar sudah muncul kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan cream penghilang bopeng bekas cacar yang mengandung kolagen, atau bisa juga dengan menggunakan tindakan perawatan tertentu mikrodermabrasi, chemical peeling hingga laser. Tapi bagaimanapun lebih baik mencegah daripada mengobati.

Nah, supaya cacar tidak bisa meninggalkan bekas berupa bopeng atau kehitaman, berikut ini cara yang bisa dilakukan :

  • Menjaga Kebersihan Kulit

Meski kamu sedang terkena cacar air, tetaplah mandi dua kali sehari. Hal ini karena daya tahan tubuh yang sedang menurun dan kebersihan kulit dan tubuh yang tidak terjaga dengan baik justru akan memudahkan bagi kuman lain masuk kedalam tubuh dan memicu adanya infeksi tambahan, sehingga membuat rasa gatal akan semakin terasakan.

Gunakanlah air hangat dan sabun mandi yang lembut atau kamu bisa menggunakan sabun mandi bayi. Basuhlah secara perlahan dan hindari menggosok badan setelah mandi, jika sudah selesai keringkan secara perlahan tanpa menggosoknya.

  • Menggunakan Produk Anti Gatal

Keluhan gatal saat sedang cacar bisa dikurangi dengan menggunakan lotion anti gatal yang didalamnya mengandung calamines, anti pruritus (antigatal) atau dengan menggunakan bedak yang mengandung mentol.

  • Mengkonsumsi Obat Antihistamin

Jika menggunakan produk kulit anti gatal tidak membantu mengatasi rasa gatal, penggunaan obat antihistamin dapat membantu kamu mengurangi rasa gatal pada tubuh secara keseluruhan. Namun, kamu membutuhkan pengawasan dari dokter jika menggunakan obat ini ya.

  • Hindari Mengoleskan Bahan Tertentu Pada Kulit Tanpa Pengawasan Dokter

Seringkali saat sedang cacar dan mengatasi rasa gatal dilakukan dengan mengoleskan bahan-bahan tertentu seperti odol, jeruk nipis, pada kulit yang terkena cacar. Alih-alih bisa mempercepat proses penyembuhan, cara ini justru akan menyebabkan munculnya kehitaman pada kulit.

  • Jangan Mengelupas Luka yang Sudah Kering Secara Paksa

Pada hari ke 6 atau 7 luka mengering yang disebut dengan krusta. Pada masa ini hindari untuk mengelupas krusta secara paksa, karena hal ini hanya akan membuat luka cacar air membekas pada kulit.

Bekas cacar air yang menetap dikulit nantinya memang akan menyebabkan penampilan menjadi rusak, apalagi jika bekas yang ditinggalkan berupa bopeng yang harus kamu hilangkan dengan krim penghilang bopeng. Lakukan cara-cara diatas supaya setelah cacar tidak meninggalkan bekas kehitaman apalagi bopeng akibat dari cacar. Tapi jika hal ini sudah terjadi segera lakukan konsultasi dan pengobatan dengan dokter ahli kulit supaya kamu bisa mendapatkan pengobatan yang maksimal ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *