Obat Jerawat yang Kamu Pakai Tidak Ampuh? Ini Penyebabnya

Obat Jerawat yang Kamu Pakai Tidak Ampuh? Ini Penyebabnya

 

Kamu sudah rajin menggunakan obat jerawat, tapi jerawat diwajah belum juga menghilang? Bisa jadi hal ini karena kamu melakukan kesalahan. Jerawat memang bisa dikatakan sebagai musuh nomer 1 apalagi jika jenisnya cystic yang memiliki ciri besar, memerah. Jerawat jenis ini biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menghilangkannya, jerawat jenis inipun tidak disarankan untuk dipencet.

Akan tetapi banyak juga yang sudah menggunakan obat jerawat tapi masih ada saja jerawat yang muncul. Sebenarnya hal ini bukan berarti obat jerawat yang dipakai itu jelek ya, tapi hal ini bisa saja disebabkan karena kesalahan yang kamu lakukan.

 

Berikut ini Beberapa Kemungkinan Kesalahan yang Mnejadi Penyebab Obat Jerawat Tidak Ampuh :

  1. Tidak cocok dengan obat yang mengandung Benzoyl Peroxide atau Salicylic Acid

Hal pertama yang harus diperiksa saat membeli obat jerawat ialah komposisinya, karena bisa jadi obat jerawat yang kaka pakai memang tidak cocok untuk kulit. Telitilah dalam memeriksa kandungan didalamnya, karena jika tidak cocok bukannya membaik malah akan membuat jerawat semakin memburuk dan meradang.

Tapi jangan khawatir karena saat ini ada cara lain yang bisa memberhentikan jerawat seperti centella extract, tea tree oil, dan willowbark extract yang merupakan anti bakteri yang sangat cocok untuk membasmi masalah jerawat.

  1. Menggunakan obat jerawat hanya dibagian jerawatnya saja

Menggunakan obat jerawat disekitar daerah jerawat atau bahkan diseluruh bagian wajah. Kulit disekitar jerawat biasanya berpotensi terkena bakteri dari jerawat yang sudah terbentuk, jadi sebelum jerawat muncul lebih banyak ke permukaan kulit wajah lebih baik kamu mencegahnya dengan mengoleskan obat jerawat ke sekitar daerah jerawat atau bahkan seluruh bagian wajah ya.

  1. Menggunakan obat jerawat disiang hari

Obat jerawat pun tidak disarankan untuk dipakai disiang hari atau pagi hari, hal ini karena obat jerawat memiliki kandungan retinol yang dimana retinol akan berkurang stabilitasnya saat lama terkena sinar matahari, hal ini akhirnya membuat khasiat dari obat jerawat menjadi kurang efektif. Jadi sebaiknya obat jerawat itu dipakai dimalam hari saja ya.

  1. Menggunakan obat jerawat yang mengandung steroid

Nah untuk yang satu ini kamu dituntut untuk lebih berhati-hati dalam memperhatikan komposisi didalam obat jerawat ya. biasanya steroid bisa diidentifikasi dari nama bahan yang memiliki akhiran sone dan lone, seperti hydrocortisone. Meskipun banyak pendapat yang menyatakan dan percaya kalau steroid bisa menyebabkan wajah berjerawat menjadi mulus dalam waktu cepat, tetapi efek ini sebenarnya bersifat sementara saja. Jadi kamu harus menggunakannya secara terus menerus, jika berhenti akan menyebabkan jerawat keluar semakin parah.

Jadi sebelum memilih obat atau skincare untuk jerawat pastikan terlebih dahulu kandungan yang terdapat didalamnya. Jangan lupa gunakan Pratista skincare khusus jerawat karena kamu bisa mendapatkan konsultasi secara gratis untuk masalah wajah yang kamu miliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *