Mengatasi Jerawat Berdasarkan Jenisnya

Mengatasi Jerawat Berdasarkan Jenisnya

 

Jerawat? Apa yang terlintas dipikiran kamu saat mendengar kata ini? Pasti menjengkelkan, bisa merusak penampilan, pokonya kebanyakan hal yang tidak baiknya. Tahukah kamu kalau jerawat menjadi salah satu permasalahan pada kulit yang disebabkan karena tersumbatnya pori-pori oleh kotoran, minyak, dan juga bakteri.

Penyebab jerawat memang banyak, maka dari itu cara untuk mengatasinya pun berbeda. Mungkin ada yang bisa sembuh hanya dengan menggunakan cream Pratista jerawat, mungkin bisa hilang dengan menggunakan bahan alami. Hal ini dikarenakan jerawat terdiri dari beberapa jenis dan cara pengobatannya pun berbeda pula.

Berikut ini Ulasan Selengkapnya :

 

  • Komedo (blackhead & whitehead)

Banyak yang masih berpikir kalau jerawat dan komedo itu berbeda, sebenarnya komedo merupakan salah satu jenis jerawat. Komedo merupakan jerawat ringan yang disebabkan karena sel kulit mati dan minyak yang bercampur menjadi satu dan menyumbat pori – pori. Untuk pengobatannya sendiri lebih mudah dibanding dengan jerawat jenis lain, cara yang tepat untuk mengatasinya, antara lain:

  • Membersihkan wajah dengan rutin dan teratur dengan menggunakan produk pembersih wajah sesuai dengan jenis kulit kamu.
  • Mengoleskan asam salisilat dan sulfur, atau bisa menggunakan krim wajah khusus untuk komedo.
  • Melakukan facial komedo atau face treatment tiap 2 minggu sekali untuk mengangkat komedo yang membandel yang tidak bisa hilang dengan krim wajah.
  • Papula

Papula merupakan sebutan untuk jerawat komedo yang mengalami peradangan secara alami maupun peradangan yang disebabkan karena pengangkatan komedo yang tidak bersih. Papula memiliki bentuk kecil dan merah seperti benjolan akibat dari gigitan semut atau serangga. Ada cara yang cepat dan ampuh untuk mengobatinya, antara lain:

  • Membersihkan wajah dengan bersih menggunakan facial wash atau sabun wajah, dapat juga membersihkannya dengan menggunakan toner dan cleanser.
  • Jika wajah sudah bersih kemudian oleskan benzoil peteroksida ke area yang berjerawat untuk mengurangi minyak berlebih, kemudian biarkan beberapa saat supaya menyerap ke wajah.

 

  • Pustula

Pustula hampir sama dengan papula namun disini peradangan yang terjadi lebih besar, pustula muncul dengan dasar merah dan atasnya berwarna putih dan dipenuhi dengan nanah. Jika pustula di keluarkan dengan paksa akan menyebabkan luka parut yang dalam dan jika disentuh kulit akan terasa kasar. Cara yang tepat untuk mengobati jerawat pustula, antara lain:

  • Membersihkan wajah sampai bersih dan menyeluruh menggunakan deef cleanser atau deep facial wash supaya kotoran didalam bisa dikeluarkan, berikan sedikit pijatan kemudian bilas menggunakan air dingin.
  • Mengoleskan cream Pratista untuk jerawat pustula
  • Jika ingin menggunakan bahan alami kamu bisa menggunakan masker wajah dari lemon, jeruk nipis atau mentimun. Gunakan 2 – 3 kali dalam satu minggu untuk mendapatkan hasil yang lebih alami tanpa efek samping.
  • Nodul

Nodul merupakan jerawat yang lebih serius karena muncul dari dalam kulit kemudian menjadi komedo yang meradang dan keras, jika disentuh akan terasa nyeri dan sakit. Setelah nodul hilang biasanya akan menyebabkan bekas luka berwarna merah atau hitam.

  • Jerawat kistik/ jerawat batu

Jerawat batu hampir sama dengan jerawat nodul namun memiliki ukuran yang lebih besar, didalamnya dipenuhi dengan cairan jernih dan nanah. Jerawat batu lebih lunak, menyakitkan dan nyeri, apabila dihilangkan akan memberikan bekas luka hitam. Cara menghilangkan jerawat batu, antara lain:

  • Membersihkan wajah dengan facial wash Pratista sesuai dengan jenis kulit
  • Memberikan obat accutane yang biasanya khusus diawasi dokter spesialis kulit. Obat ini akan langsung membuat jerawat kering dan bisa menghilang dengan sendirinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *