Apakah Kulit yang Berjerawat Butuh Penggunaan Tabir Surya?

Apakah Kulit yang Berjerawat Butuh Penggunaan Tabir Surya?

 

Jika kamu sedang menjalani atau ingin memulai perawatan untuk kulit wajah yang berjerawat, satu hal penting yang harus dilakukan adalah melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung dengan menggunakan tabir surya Pratista. Hal ini tentunya menjadi suatu hal yang bijak untuk dilakukan dan pastikan kalau kamu menggunakan tabir surya Pratista yang sesuai dengan jenis kulit ya.

Lantas pertanyaannya ialah apakah tabir surya tidak akan membuat jerawat diwajah semakin bertambah banyak? Sebagian orang memang mengatakan kalau kulitmu sedang berjerawat tidak disarankan untuk menggunakan tabir surya karena bisa menutupi pori-pori kulit sehingga bisa membuat kulit semakin bertambah banyak. Namun jika kamu berpikir seperti ini yang menjadi pertanyaannya ialah bagaimana caranya melindungi kulit dari paparan sinar matahari?

Sebenarnya kondisi kulit yang berminyak dan berjerawat pun tetap membutuhkan perlindungan dari sinar matahari yang berbahaya untuk kulit. Inidia tips melindungi kulit yang berminyak dan berjerawat dari paparan sinar matahari.

  1. Memilih tabir surya yang sesuai dengan jenis kulit yaitu yang khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat. Umumnya bahan yang terkandung didalamnya adalah Zinc Oxide dan Titanium Dioxide, kedua jenis sunscreen ini bersifat tidak menyumbat pori-pori sehingga tidak akan menyebabkan kulit semakin berminyak.
  2. Pilihlah tabir surya dengan kandungan bahan broad spectrum protection karena kandungan ini sangat penting dan bisa melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB yang berbahaya untuk kesehatan kulit.
  3. Memilih tabir surya yang baik ialah dengan kandungan minimal SPF 15 atau lebih. Karena SPF 15 atau lebih dapat memblokir paparan dari sinar UV sehingga kulit akan menjadi lebih terlindungi.
  4. Menggunakan tabir surya yang mengandung Zinc Oxide dan Titanium Dioxide sebelum keluar ruangan, usahakan setelah mandi dan saat akan melakukan aktivitas.

Tabir surya bisa dioleskan kembali jika kamu berkeringat atau terkena air. Perawatan untuk wajah yang berjerawat biasanya mengandung retinoid yang sangat sensitif terhadap sinar matahari, jadi kamu membutuhkan tabir surya setiap harinya untuk menghindari adanya kemerahan setelah terkena sinar matahari.

Selain itu, dampak buruk terkena paparan sinar matahari secara langsung ialah adanya bekas jerawat seperti munculnya flek hitam bekas jerawat, bopeng bekas jerawat yang tentunya harus dihilangkan cream penghilang bopeng.

Mungkin sebagian dari kamu ada yang pernah merasakan hal yang kurang menyenangkan dari pemakaian tabir surya atau sunscreen saat sedang berjerawat. Pemakaian SPF untuk kulit berminyak dan berjerawat yang tidak cocok memang bisa menyebabkan tersumbatnya pori-pori kulit sehingga bisa menyebabkan breakout dan bertambah parahnya kondisi jerawat untuk sebagian orang, dan hal ini malah membuat kamu tidak bisa menggunakan sunscreen atau tabir surya lagi.

Pada dasarnya menggunakan sunscreen atau tabir surya itu merupakan hal yang penting, mengapa? Karena hal ini bermanfaat untuk melindungi kulit dari sinar UV. Tidak semua sunscreen atau tabir surya menyebabkan jerawat, asalkan kamu bisa memilih yang tepat sesuai dengan jenis kulit.

Biasanya kulit berjerawat menjadi kulit yang sangat sensitif terhadap sinar matahari. Maka dari itu, sangat diperlukan menggunakan sunscreen atau tabir surya yang tepat dan jika perlu kamu minta diresepkan langsung oleh dokter supaya dipilihkan  yang sesuai dan tepat dipakai untuk jenis kulit kamu yang berminyak dan berjerawat. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *