Manfaat berjalan kaki untuk kesehatan tubuh

Manfaat berjalan kaki untuk kesehatan tubuh

 

Berjalan kaki saat ini memang sedikit mulai disepelekan oleh orang dimasa yang modern ini, pahal banyak sekali manfaat yang dihasilkan dari berjalan kaki untuk kesehatan tubuh. Berbagai faktor membuat beberapa orang semakin meninggalkan kebiasaan berjalan kaki, misalnya saja karna sudah banyaknya kendaraan di ibu kota. Seperti yang kita semua ketahui jumlah kendaraan bermotor sangatlah banyak di ibu kota dan hal ini lah yang menjadi salah satu penyebab orang dimasa modern ini jarang yang berjalan kaki saat ingin pergi kekantor atau kesekolah.

Berjalan kaki merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat praktis dan memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan, dan kali ini Klinikjerawatan1 akan membahas mengenai manfaat dari berjalan kaki untuk kesehatan tubuh.

 

Manfaatnya ialah

Bermanfaat untuk kesehatan jantung

 

Dengan berjalan kaki akan membuat tekanan darah menjadi berkurang yang dampaknya akan mengurangi pelengketan antarsel darah yang bisa menyebabkan gumpalan bekuan darah yang menyumbat pembuluh darah, saat berjalan kaki tubuh akan bergerak sehingga kolesterol baik yang menyerap kolesterol jahat akan mengalami peingkatan yang akan menyehatkan untuk jantung.

Bermanfaat untuk mencegah terjadinya osteoporosis

 

Salah satu jenis penyakit tulang yang sering sekali terjadi pada seseorang yang sudah berusia lansia karna masa tulangnya yang mulai rendah serta mikro arsitektur tulang serta penurunan kualitas jaringan tulang yang menyebabkan kerapuhan pada tulang. Untuk pencegahan tulang yang keropos ini tak hanya didapatkan pada kalsium susu saja, melainkan perlu juga diimbangi dengan gerakan badan secara menyeluruh seperti halnya berjalan kaki.

Bermanfaat meningkatkan vitamin D didalam tubuh

 

Vitamin D dapat diperoleh dari berbagai sumber selain dari makanan dan juga sinar matahari pagi, vitamin D bisa didapatkan dari berjalan kaki. Saat berjalan kaki otomatis tubuh akan terkena sinar matahari secara cukup jika berjalan kaki diluar ruangan, yang artinya juga akan membantu meningkatkan vitamin D didalam tubuh.

Bermanfaat sebagai pondasi hidup yang sehat

 

Berjalan kaki secara rutin merupakan salah satu aktivitas yang menjadikan pondasi supaya hidup tetap sehat, tak heran jika ada beberapa produk susu yang menyarankan untuk berjalan kaki 10.000 langkah perhari untuk meningkatkan kesehatan serta mencegah berbagai kelainan dan juga penyakit tulang.

Bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun

 

Dengan berjalan kaki berarti kamu sudah melakukan effort secara tidak langsung, effort cukup membantu untuk memberikan sistem imun yang lebih kuat untuk tubuh. Keringat serta lancarnya metabolisme akan membantu imunitas tubuh supaya tidak mudah terserah penyakit yang berbahaya.

Bermanfaat untuk tidur yang lebih nyenyak

 

Jika kamu berjalan kaki 30 menit setiap harinya hal ini akan membantu kamu mendapatkan tidur yang nyenyak, sama seperti olahraga yang umumnya berjalan kaki akan membantu proses metabolisme serta memberikan pengaruh yang nyaman saat tidur nantinya.

Manfaat berjalan kaki untuk kesehatan tubuh memang cukup banyak, jadi usahakan untuk selalu berjalan kaki disetiap pagi untuk membuat tubuh sehat dalam jangka waktu yang panjang ya.

Baca Juga : ketahui manfaat yoga untuk kesehatan tubuh

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *