Manfaat beras merah untuk kecantikan dan kesehatan

Manfaat beras merah untuk kecantikan dan kesehatan

 

Meski sama-sama beras namun secara genetik beras merah dan beras putih sangatlah berbeda, warna merah yang melekat pada beras merah berasal dari zat warna alami antosianin yang memiliki sifat antioksidan, antihipertensi, antikanker, serta antihiperglikemik.

Dari segi kepopulerannya beras merah memang masih kalah jauh jika dibandingkan dengan beras putih dari rasa pun beras putih jauh lebih enak jika dibandingkan dengan beras merah, beras putih memiliki rasa yang lebih enak karna memiliki sedikit rasa manis didalamnya. Namun jika dibandingkan dari kandungan nutrisinya beras merah jelas memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan dengan beras putih.

Didalam satu cangkir beras merah yang telah ditumbuk terdapat kandungan 216,45 Kalori, 88% untuk kecukupan mineral mangan, 27% DV selenium, 21% DV magnesium, 18,8% DV asam amino triptofan, 3,5 gram serat, serta kandungan proteinnya 2,5% yang lebih tinggi dibandingkan dengan beras putih.

Selain itu beras merah juga memiliki kandungan zat besi, vitamin B kompleks, vitamin A, dan asam lemak alfa-linolenat, beras merah juga memiliki manfaat yang bagus untuk kecantikan dan kesehatan. Yu ketahui manfaat beras merah untuk kecantikan dan kesehatan.

 

Manfaat beras merah

Membuat kulit menjadi awet muda

 

Kandungan antioksidan yang terdapat didalam beras merah sangat efektif memberikan dukungan pada tubuh untuk menangkal radikal bebas selain itu antioksidan juga memiliki kontribusi untuk mencegah munculnya garis halus serta kerutan pada kulit. Saat ini juga sudah banyak perusahaan yang menjadikan beras merah sebagai produk utama perawatan kulit atau jika ingin simple kamu pun bisa membuatnya sendiri, coba saja untuk membuat air tajin dari beras merah usapkan secara rutin pada kulit dan bisa dilihat hasilnya.

Membuat rasa kenyang yang lebih lama

 

Masih banyak yang belum menyadari jika karbohidrat menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan terpicunya lemak didalam tubuh, berbeda dengan karbohidrat yang terdapat didalam beras merah yang berjenis kompleks yang dimana karbohidrat kompleks diartikan sebagai karbohidrat yang tersusun dari banyaknya molekul gula yang tinggi dengan kandungan serat, vitamin, serta mineral. Keadaan ini menjadikan karbohidrat kompleks akan lebih lama diserap oleh tubuh ditambah dengan banyaknya kandungan gizi didalam beras merah yang menjadikan perut akan terasa kenyang lebih lama, dan dampak yang dihasilkan ialah menjadi tidak nafsuan saat melihat makanan sekalipun itu makanan yang enak.

Sangat bagus untuk sistem pencernaan

 

Beras merah memiliki kandungan serat 6 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan beras putih dan serat merupakan zat yang banyak memberikan manfaat untuk kesehatan pencernaan, makanya dengan kamu mengkonsumsi beras merah secara rutin maka saluran pencernaan kamu akan tetap terjaga. Bahkan serat juga akan memberikan manfaat lain misalnya untuk mengontrol gula darah, menurunkan resiko kanker wasir, serta dapat mengusir kolesterol yang terkumpul didalam tubuh.

Itu dia beberapa manfaat dari beras merah yang sangat baik untuk dikonsumsi, semoga bermanfaat ya ^_^

Baca Juga :

6 manfaat buah pisang untuk kesehatan serta kecantikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *