5 bahaya mengkonsumsi junk food untuk kesehatan

 

Junk food atau biasa disebut makanan yang cepat saji merupakan suatu produk makanan yang umum dan telah mendunia, istilah ‘junk food’ ini karna mengacu pada makanan yang disajikan dengan cepat serta makanan yang mengandung banyak kalori namun gizinya sedikit.

Saat orang mengkonsumsi makanan jenis ini tidak akan membuat merasa kenyang justru hal yang ditimbulkan ialah seseorang akan makan dengan berlebihan yang nantinya akan membuat masalah terhadap berat badan dan juga kesehatannya.

 

Bahaya yang ditimbulkan dari Junk Food

Resiko akan penyakit diabetes

 

Ketika tubuh meneyrap asupan gizi dari makanan yang sehat hal ini berarti tubuh akan mendapatkan asupan glukosa yang akan membantu menjaga sensitivitas insulin, sedangkan ketika tubuh menyerap asupan makanan dari junk food ini akan menyebabkan stress yang berlebihan pada metabolisme tubuh sehingga akan mempengaruhi kemampuan tubuh dalam menggunakan insulin dengan benar. Karna junk food tidak terdapat kandungan serat maka mengkonsumsinya secara langsung akan menyebabkan lonjakan kadar gula selanjutnya obesitas yang menjadi salah satu alasan utama resintensi serta pengembangan diabetes.

Kalori yang berlebihan

 

Makanan cepat saji merupakan makanan yang biasanya mengandung banyak karbohidrat, gula, garam, lemak sehat didalamnya. Satu porsi dari makanan cepat saji menawarkan kalori dalam jumlah yang besar namun nilai gizi didalamnya sangat sedikit bahkan hampir tidak ada, terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji untuk menggantikannya dengan makanan yang bergizi dapat mengakibatkan gizi buruk serta dampak yang buruk untuk kesehatan.

Lelah dan lemah

 

Karna junk food tidak memiliki nutrisi yang penting yang diperlukan untuk memelihara kesehatan serta fungsi dari semua sistem tubuh sehingga membuat tubuh menjadi lelah dan lemah beberapa saat setelah mengkonsumsinya, jika tubuh hanya menyerap makanan yang bersifat junk food dalam periode tertentu maka hal tersebut akan membuat kelelahan secara kronis yang mungkin akan menjadikan tubuh sulit melakukan aktivitas sehari-hari.

Masalah pada kulit dan tulang

 

Mengkonsumsi makanan yang tinggi akan karbohidrat dan gula akan membuat bakteri yang berada dimulut menghasilkan asam yang akan mengakibatkan kerusakan pada gigi serta dapat menghancurkan enamel gigi, selain itu kandungan natrium yang berlebih didalam junk food akan meningkatkan resiko tulang rapuh.

Depresi

 

Akibat terlalu sering mengkonsumsi junk food akan ada banyak sekali perubahan hormonal yang akan terjadi terutama pada remaja yang akan rentan terhadap perubahan suasana hati dan juga prilaku, karna junk food dapat mengakibatkan kekurangan nutrisi didalam tubuh yang meningkatkan kemungkinan remaja mengalami depresi itu 58%.

 

Mengkonsumsi junk food tak masalah sebenarnya namun jangan dilakukan secara berlebihan ya konsumsi juga makanan sehat seperti sayuran buah-buahan untuk menutrisi tubuh serta menjaga kesehatan tubuh.

Baca Juga :

6 bahaya meminum alkohol untuk kesehatan tubuh